Laman

Minggu, 07 Oktober 2012


Jika saya mendapat wewenang bagaimana caranya agar bahasa Indonesia di terima dunia untuk menjadi bahasa Internasional , saya akan melakukan :
1.       Mengajak masyarakat Indonesia serta selebritis tanah air untuk mempopulerkan Bahasa Indonesia melalui dunia entertainment dunia . Dengan begitu mereka dapat membuat masyarakat lokal dan asing tertarik dengan dunia entertainment Indonesia akan membuat mereka juga tertarik dengan kebudayaan bahkan bahasa dari negara Indonesia . Menciptakan drama dan sinetron berkualitas yang dapat dijual di pasar internasional akan membuat masyarakat dunia penasaran akan negara Indonesia . Hal ini akan membuat mereka tertarik untuk mempelajari segala sesuatu tentang Indonesia . Penyanyi berbakat yang dimiliki Indonesia juga bisa menjadi aset penting bagi negara Indonesia untuk memperkenalkan bahasa Indonesia . Dengan menciptakan lagu yang enak didengar juga lirik lagu yang berkualitas akan membuat masyarakat asing tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia .
2.       Mendirikan tempat pembelajaran bahasa Indonesia di Negara – Negara Asing sehingga warga Negara Asing tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan mereka dapat mengenal bahasa Indonesia . Semakin banyak orang asing yang mempelajari dan mengetahui bahasa Indonesia semakin besar juga peluang bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bahasa Internasional .
3.       Menganjurkan warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal, bekerja atau belajar di Negara Asing untuk tetap menggunakan bahasa Indonesia jika bertemu dengan sesama warga Indonesia di Negara yang mereka huni. Agar banyak warga asing yang mengetahui tentang bahasa Indonesia atau bahkan mengetahui tentang budaya – budaya yang ada di Indonesia dan berkeinginan untuk belajar dan mahir berbahasa Indonesia dengan baik dan benar .
4.       Mengajak warga Indonesia yang melakukan perdagangan Internasional agar terbiasa menggunakan bahasa Indonesia saat melakukan aktifitas perdangan Internasional dengan negara - negara Asing. Sehingga warga Negara Asing sering mendengar dan mau belajar atau bahkan mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan demikian lambat laun warga Negara Asing banyak yang dapat berbahasa Indonesia saat melakukan aktifitas perdagangan Internasional .
5.       Menghimbau kepada warga negara Indonesia pada saat ada perlombaan antar Negara disarankan agar warga negara Indonesia dapat ikut serta dalam perlombaa dan disarankan kepada para peserta lomba dari Negara Indonesia untuk berkomunikasi bahasa Indonesia dengan teman sesama peserta dari Indonesia agar para peserta dari Negara lain tau tentang bahasa Indonesia dan berminat untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang bahasa Indonesia .
6.       Mengajurkan desainer Indonesia agar dapat menyelenggaran fasion show yang bertemakan batik atau kebaya asli Indonesia agar warga Negara Asing mengetahui tentang Indonesia dan mau mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga kelak banyak warga Negara Asing yang tahu tentang bahasa dan kebudayaan Indonesia .
7.       Menghimbau kepada warga Indonesia yang melakukan penelitian ilmiah baik di dalam negeri maupun diluar negeri, dengan warga Negara Indonesia ataupun dengan warga Negara Asing untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun dan menulis laporan penelitiannya. Dalam sebuah penelitian hasil penelitian akan di sebar luaskan kepada seluruh dunia, dengan begitu seluruh dunia tau tentang bahasa Indonesia dan dengan secara otomatis akan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
8.       Mengajak semua warga Negara Indonesia untuk mencintai budaya – budaya yang ada di Indonesia. Karna dengan diawali kecintaan dan kebanggan rakyat Negara itu sendiri dunia pun akan mengenal Indonesia dan akan mencoba mempelajari tentang Indonesia melalui budaya – budaya yang ada di Negara Republik Indonesia ini . Semakin banyak Negara Asing yang menyukai budaya Indonesia maka semakin banyak pula Negara-negara yang lain yang ingin mengetahui tentang ragam budaya Indonesia dan berkeinginan untuk mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
9.       Menghimbau warga Indonesia untuk memproduksi barang-barang dan menggunakan barang-barang asli Indonesia . Dengan barang-barang produksi dari tanah air dan akan dijual ke Negara luar maka membuat dunia mengenal tentang Negara Indonesia dan berkeinginan untuk mempelajari tentang budaya bangsa Indonesia dan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
10.    Mengajak warga Indonesia untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia sehingga banyak wisatawan asing yang dating mengunjungi Indonesia dan akhirnya akan menyukai budaya – budaya, dan akan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar  dengan begitu bahasa Indonesia akan dikenal oleh seluruh dunia dan Indonesia dapat mengajukan ke UNESCO agar bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional .
11.    Menghimbau kepada perfilman Indonesia untuk membuat film yang berbobot , bagus dan dapat menarik perhatian dunia sehingga film tersebut dapat disebarluakan ke mancanegara, dengan begitu mau tidak mau negara lain akan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar dapat mengerti arti dan maksud dari film tersebut . Dan akhirnya bahasa Indonesia dapat dikenal dan banyak digunakan oleh negara lain .
12.    Menghimbau kepada penerbit dan penulis komik untuk menulis dan menerbitkan komik dalam bahasa Indonesia kemudian disebarluaskan ke mancanegara dengan begitu warga negara asing akan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
13.    Menghimbau kepada pemusik Indonesia untuk sering melakukan tour musik keluar negeri, sehingga membuat warga negara asing mengetahui tentang bahasa Indonesia kemudian akan menyukai lagu tersebut dengan demikian mereka akan mempelajari budaya – budaya tentang Indonesia dan banyak negara – negara luar yang tahu tentang bahasa Indonesia dan berkeinginan untuk belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
14.    Membuat situs internet tentang budaya – budaya, keberadaan dan tempat – tempat wisata di Indonesia jadi orang – orang luar negeri dapat mengakses tentang Indonesia dengan mudah. Dengan berawal dari situs yang menarik tentang Indonesia maka membuat warga negara asing menyukai tentang Indonesia dari satu warga negara akan menyebar ke seluruh negara lain, semakin banyak yang menyukai dan membuka situs internet yang Indonesia punya maka akan membuka juga peluang Indonesia agar bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional .
15.    Mengajak warga negara Indonesia untuk sering mengikui ajang – ajang perlombaan dunia yang di ikuti oleh banyak negara, yang akhirnya membuat negara lain mengenal Indonesia dan berkeinginan untuk belajar tentang Indonesia sekali gus belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .

16.    Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai budaya dan bahasa Indonesia sendiri dan menunjukkan nya kepada negara lain bahwa Indonesia itu indah, damai dan menarik . Bahasa Indonesia sendiri pun indah dan mudah untuk di pelajari dan diucapkan sesuai dengan ejaan pada tulisannya. Dengan begitu maka diharapkan banyak warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia dan mau mempelajari bahasa indoneisia itu sendiri .
17.    Menghimbau kepada para petani Indonesia untuk memproduksi dan menjual hasil panen nya kepada orang Indonesia dengan kualitas yang tebaik, sehingga tidak membuat warga negara Indonesia untuk membeli hasil panen import dari negara luar sehingga jika banyak orang Indonesia sendiri yang membeli hasil panen dalam negeri akan membuat petani Indonesia untuk berani bersaing dengan negara lain dalam persaingan perdangan bahan pangan di dunia Internasional. Dengan demikian negara lain akan banyak yang menyukai prosuksi dari Indonesia dan mengetahui tentang Indonesia .
18.    Menjalin kerjasama yang baik dengan negara lain dengan sedikit demi sedikit mempromosikan tentang Indonesia, tentang keberadaan, masyarakat, budaya – budaya, dan tempat menarik di Indonesia  kepada mereka dengan begitu mereka akan tertarik untuk berkunjung dan mempelajari serta mengetahui bahkan mempelajari bahasa Indonesia agar mereka dapat berkomusikasi dengan orang – orang Indonesia dengan baik dan benar .
19.    Mendirikan tempat makan atau stand – stand makanan khas Indonesia di negara orang sambil memperkenalkan tentang Indonesia dan melayani orang – orang asing itu dengan mencampurkan sedikit – sedikit bahasa Indonesia sehingga membuat mereka mengenal bahasa Indonesia dan tercapai tujuan dengan mereka belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
20.    Menghimbau kepada pelukis Indonesia untuk melakukan pameran lukisan yang bertema kebudayaan Indonesia yang unik dan yang dapat menarik wisatawan asing . Sehingga mereka dapat mengenal kebudayaan Indonesia melalui lukisan tersebut dan berharap wistawan asing tersebut mau belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
21.    Membuat game online asli Indonesia yang menarik dengan berbahasa Indonesia agar seluruh rakyat dunia menginginkan dan mempelajari  game terebut serta secara otomatis rakyat dunia pun harus mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar .
22.    Mendirikan hotel atau penginapan di tempat wisata – wisata dengan peraturan atau tulisan – tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia agar wisatawan asing secara perlahan belajar bahasa Indonesia, sehingga banyak wisatawan asing yang dapat berbahasa Indonesia dengan begitu bahasa Indonesia akan di kenal oleh dunia dan akan di sah kan oleh dunia sebagai bahasa Internasional . .   
23.    Membuat, memproduksi dan mengimpor boneka yang kalo dipencet dapat berbicara bahasa Indonesia maka dengan begitu warga negara asing tahu tentang bahasa Indonesia dan berkeinginan untuk belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
24.    Menganjurkan kepada pemerintah atau pejabat negara jika melakukan pidato yang dihadiri oleh banyak negara lain untuk menyampaikan pidato nya dengan bahasa Indonesia dengan begitu secara otomatis orang – orang yang hadir dalam pidato tersebut belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar mengerti apa yang disampaikan oleh pemberi pidato tersebut .
25.    Memperkenalkan adat istiadat bahasa Indonesia melalui situs internet seperti youtube secara menarik dalam bahasa Indonesia, membuat para wisatawan negara asing tertarik dengan kebudayaan bangsa Indonesia dan akhirnya pun negara asing mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
26.    Membuat blog menarik berbahasa Indonesia dengan berisikan : artikel, media, mp4,games, picture, etc yang membuat para pembaca negara - negara lain ingin mengetahui dan memperdalam apa yang ada di dalam blog tersebut serta mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta lama kelamaan bahasa Indonesia pun menjadi popular dan bisa berkemungkinan menjadi bahasa Internasional .
27.    Menganjurkan kepada warga negara Indonesia yang menikah dengan warga negara asing kenal jika memiliki anak, anak tersebut di beri pengetahuan tentang Indonesia dan di ajarkan untuk belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan begitu saat anak tersebut bermain dengan anak dari negara lain akan bertanya tentang Indonesia dan akan mempelajari tentang Indonesia dan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
28.    Mengadakan operet di negara orang yang berceritakan tentang kebudayaan Indonesia dengan pemain – pemain nya asli Indonesia dan berbicara bahasa Indonesia, agar warga negara asing disana menyukai kebudayaan Indonesia dan mengenal budaya Indonesia dengan harapan agar mereka dapat dan mau belajar bahasa Indonesia .
29.    Menganjurkan kepada warga Indonesia untuk mengadakan festival tentang kebudayaan Indonesia dan bergaya serta berpakaian pakaian tradisional Indonesia di negara – negara luar dan jika di Tanya oleh orang – orang asing tersebut mereka menjawab dengan bahasa Indonesia dan mengajarkan artinya dalam bahasa negara mereka sehingga para negara luar secara otomatis mengerti bahasa bangsa Indonesia .
30.    Memberikan pengaruh terhadap budaya asing seperti mengajak para turis yang sedang berlibur di tanah air Indonesia untuk memperkenalkan semua aspek tentang bahasa Indonesia , dari mulai wisata, kebudayaan Indonesia, restaurant,penginapan dan lain lain dalam berbahasa Indonesia, dengan otomatis para turis pun mengerti bagaimana cara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
31.    Menghisecara mbau kepada model – model Indonesia yang bekerja dengan majalah negara – negara luar untuk juga sekalian memperkenalkan tentang Indonesia budaya, keberadaan dan bahkan bahasa Indonesia sehingga dengan begitu banyak warga negara asing mengenal Indonesia dan berkeinginan untuk berkunjung dan belajar bahasa Indonesia di tempat – tempat pembelajaran bahasa Indonesia dengan adanya hal itu membuat warga negara asing dapat berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
32.    Memberikan pendidikan secaara Cuma Cuma kepada wisatawan negara asing yang mencangkup cara membaca , menulis , dan berbicara bahasa indonesia agar para wisatawan asing dapat mengerti dan memahami bahasa indonesia secara baik dan benar .
33.    Menjuarai semua cabang olahraga antar negara , maka secara otomatis bangsa indonesia menjadi terkenal dan disegani oleh semua negara luar, dan pastinya rakyat negara asing ingin belajar cabang olahraga tersebut kepada negara kita bangsa indonesia , yang akhirnya secara otomatis mereka harus mempelajari bahasa indonesia dengan baik dan benar .
34.    Menghimbau kepada artis indonesia yang go international agar menyihir para fans nya untuk menghafal ciptaan lagu nya agar para fans dari negara asing tersebut secara otomatis dapat berbicara dan mengerti arti dari lagu tersebut dalam bahasa indonesia .
35.    Menganjurkan kepada warga negara Indonesia yang menikah dengan warga negara asing kenal jika memiliki anak, anak tersebut di beri pengetahuan tentang Indonesia dan di ajarkan untuk belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan begitu saat anak tersebut bermain dengan anak dari negara lain akan bertanya tentang Indonesia dan akan mempelajari tentang Indonesia dan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar .
36.    Mengadakan operet di negara orang yang berceritakan tentang kebudayaan Indonesia dengan pemain – pemain nya asli Indonesia dan berbicara bahasa Indonesia, agar warga negara asing disana menyukai kebudayaan Indonesia dan mengenal budaya Indonesia dengan harapan agar mereka dapat dan mau belajar bahasa Indonesia .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar